Daftar 50 Bek Terbaik di Dunia Sepanjang Masa

Bek terbaik sepanjang masa - Posisi pemain belakang atau bek jadi salah satu posisi penting dalam sepakbola. Sepanjang sejarahnya banyak bek terbaik di dunia yang memiliki kemampuan hebat. Contoh nama bek terbaik sepanjang masa antara lain adalah Paolo Maldini, Alessandro Nesta hingga Bobby Moore. Kali ini akan dibahas mengenai daftar bek terbaik sepanjang masa di dunia hingga sekarang update terbaru.

Sepakbola merupakan olahraga kolektif. Dalam olahraga ini terdapat 11 pemain yang berlaga dalam suatu tim tertentu. Tiap posisi tentunya memainkan peranan penting, termasuk posisi pemain bertahan. Pemain bertahan dalam sepakbola disebut dengan istilah defender atau dalam bahasa Indonesia lebih sering disebut sebagai bek. Tugas bek adalah bertahan menghalau serangan lawan agar gawang kita tidak kebobolan.

Umumnya terdapat empat posisi utama bek, yaitu sweeper, central defender (bek tengah), right back (bek kanan) dan left back (bek kiri). Di era modern, tugas bek tidak hanya bertahan saja, namun juga untuk membangun serangan. Bek sayap (bek kanan & bek kiri) kini banyak yang naik membantu serangan, tidak hanya bertahan saja. Sementara ada juga sweeper yang juga bertugas membangun serangan dari belakang. Saat situasi bola mati seperti tendangan bebas atau corner kick, banyak juga bek tengah yang ikut maju untuk membantu serangan.

(baca juga kiper terbaik sepanjang masa)

Sepanjang sejarahnya, banyak bek bek hebat bermunculan. Beberapa bek tengah terbaik dunia sepanjang masa antara lain adalah Fabio Cannavaro, Alessandro Nesta dan Franco Baresi. Contoh bek kanan terbaik dunia sepanjang masa adalah Cafu, Carlos Alberto dan Giuseppe Bergomi. Sementara nama nama bek kiri terbaik dunia sepanjang masa adalah Roberto Carlos, Andreas Brehme dan Giacinto Facchetti. 

Ada juga bek yang bisa bermain di beberapa posisi di lini belakang seperti Paolo Maldini (bek tengah dan bek kiri), Lilian Thuram (bek kanan dan bek tengah) hingga Philipp Lahm (bek kanan dan bek kiri). Bek bek asal Italia mungkin yang paling menonjol, seiring dengan strategi pertahanan grendel Catenaccio dari Italia. Namun masih banyak juga bek bek hebat dari Jerman, Brasil, Argentina atau Inggris. 

Berikut akan kami tampilkan list 50 pemain belakang terbaik atau bek terbaik di dunia sepanjang sejarah sepakbola. List defender terbaik dunia ini disusun berdasarkan beberapa aspek dan kriteria yang dipilih. Inilah daftar 50 bek terbaik dunia sepanjang masa hingga sekarang update terbaru.

Bek Terbaik Sepanjang Masa

50 Bek Terbaik Sepanjang Masa


1. Franz Beckenbauer (Jerman)
2. Paolo Maldini (Italia)
3. Franco Baresi (Italia)
4. Gaetano Scirea (Italia)
5. Bobby Moore (Inggris)
6. Alessandro Nesta (Italia)
7. Roberto Carlos (Brasil)
8. Fabio Cannavaro (Italia)
9. Giacinto Facchetti (Italia)
10. Carlos Alberto (Brasil)

11. Daniel Passarella (Argentina)
12. Ronald Koeman (Belanda)
13. Lilian Thuram (Prancis)
14. Giuseppe Bergomi (Italia)
15. Djalma Santos (Brasil)
16. Andreas Brehme (Jerman)
17. Cafu (Brasil)
18. Javier Zanetti (Argentina)
19. Ruud Krol (Belanda)
20. Matthias Sammer (Jerman)

21. Marcel Desailly (Prancis)
22. Billy Wright (Inggris)
23. Berti Vogtz (Jerman)
24. Philipp Lahm (Jerman)
25. Fernando Hierro (Spanyol)
26. Oscar Ruggeri (Argentina)
27. Nilton Santos (Brasil)
28. Carles Puyol (Spanyol)
29. John Terry (Inggris)
30. Alessandro Costacurta (Italia)

31. Laurent Blanc (Prancis)
32. Jose Antonio Camacho (Spanyol)
33. Andreas Kopke (Jerman)
34. Elias Figueroa (Cile)
35. Tony Adams (Inggris)
36. Frank de Boer (Belanda)
37. Jaap Stam (Belanda)
38. Sergio Ramos (Spanyol)
39. Dani Alves (Brasil)
40. Alan Hansen (Skotlandia)

41. Roberto Ayala (Argentina)
42. Ricardo Carvalho (Portugal)
43. Ashley Cole (Inggris)
44. Claudio Gentile (Italia)
45. Thiago Silva (Brasil)
46. Rio Ferdinand (Inggris)
47. Nemanja Vidic (Serbia)
48. Giorgio Chiellini (Italia)
49. Jurgen Kohler (Jerman)
50. Bixente Lizarazu (Prancis)


Itu tadi daftar 50 bek terbaik sepanjang masa berisikan bek bek terbaik dunia sepanjang sejarah sepakbola. Bek bek asal Italia yang paling banyak masuk dalam list. Nama nama yang masuk hanya pemain yang dominan berposisi sebagai pemain belakang yaitu sebagai sweeper, bek tengah atau bek sayap, baik bek kanan atau bek kiri. Untuk itu nama nama seperti Lothar Matthaus dan Frank Rijkaard tidak masuk dalam list karena meski bisa bermain sebagai bek, namun mereka lebih dominan sebagai gelandang bertahan. Jika punya opini lain, atau ada bek tangguh dan bek hebat yang tidak masuk dalam list di atas, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini.

Belum ada Komentar untuk "Daftar 50 Bek Terbaik di Dunia Sepanjang Masa"

Posting Komentar