11 Pemain Terbaik Piala Eropa 2016

Gelaran Piala Eropa 2016 di Prancis berlangsung dengan meriah. Euro 2016 yang diselenggarakan di Prancis menghadirkan sejumlah tim-tim terbaik Eropa untuk saling berkompetisi. Selain tuan rumah Prancis, beberapa negara favorit juara Euro antara lain adalah Jerman, Spanyol, Inggris, Portugal, Belgia dan Italia. Sebagai kompetisi terbaik antar negara di Eropa, tentunya sederet pemain bintang berkualitas juga turut ambil bagian dalam kompetisi empat tahunan ini. Pada akhirnya Portugal keluar sebagai juara setelah mengalahkan tuan rumah Prancis.

Nama-nama pemain bintang terkenal seperti Cristiano Ronaldo (Portugal), Gianluigi Buffon (Italia), Andres Iniesta (Spanyol), Mesut Ozil (Jerman), Gareth Bale (Wales), Robert Lewandowski (Polandia), atau Zlatan Ibrahimovic (Swedia) tentu akan mendapat sorotan utama. Selain itu sederet youngster pemain muda seperti Paul Pogba (Prancis), Dele Alli (Inggris), Julian Draxler (Jerman), Renato Sanches (Portugal), Emre Mor (Turki) dan Breel Embolo (Swiss) juga patut untuk ditunggu kontribusinya.

Berikut akan kami sajikan list starting eleven pemain terbaik di ajang Piala Eropa 2016 beserta tim cadangannya sejauh ini. Faktor yang menjadi kriteria adalah penampilan konsisten serta mampu memberikan kontribusi bagi timnya, baik berupa gol, assist, tackle, clearance dan passing akurat. 


11 Pemain Terbaik Piala Eropa 2016


Kiper

1. Gianluigi Buffon (Italia)


11 Pemain Terbaik Piala Eropa 2016

Cukup susah menentukan kiper terbaik di EURO 2016 ini. Hugo Lloris tampil bagus dengan membawa Prancis ke final, namun sebelum babak semifinal, Prancis tidak banyak mendapat serangan dari lawannya. Sedangkan Manuel Neuer yang tampil bagus hingga babak perempat final membuat kesalahan fatal pada gol kedua Griezmann melawan Prancis di babak semifinal. Maka Gianluigi Buffon lah yang terpilih sebagai kiper dalam tim ini berkat penampilan konsistennya menghadang serangan lawan terutama saat melawan Belgia, Spanyol dan Jerman dimana Italia digempur habis-habisan oleh lawan.

Defender

2. Jerome Boateng (Jerman)


11 Pemain Terbaik Piala Eropa 2016

Sebagai bek utama lini pertahanan Jerman, Jerome Boateng begitu diandalkan oleh pelatih Joachim Low. Boateng tampil bagus sepanjang turnamen, termasuk mencetak satu gol indah ke gawang Slovakia. Jangan lupakan juga penyelematan akrobatiknya di garis gawang di pertandingan pertama melawan Ukraina.

3. Leonardo Bonucci (Italia)


11 Pemain Terbaik Piala Eropa 2016

Bonucci menjadi salah satu pemain bertahan paling bersinar sepanjang pegelaran EURO 2016 kali ini. Ia tampil solid bersama partnernya di lini pertahanan Italia, yaitu trio BBC (Barzagli, Bonucci, Chiellini). Ia juga menyumbang satu gol lewat penalti saat melawan Jerman, satu assist gemilang pada gol pembuka Giaccherini ke gawang Belgia serta satu kali terpilih menjadi man of the match pada laga melawan Spanyol. 


4. Pepe (Portugal)


11 Pemain Terbaik Piala Eropa 2016

Pepe memang dikenal sebagai pemain kasar dengan tingkah aneh di lapangan. Namun di pegelaran EURO 2016 kali ini, Pepe tampil dengan apik dan menjadi andalan utama di barisan belakang Portugal. Ia bahkan terpilih sebagai man of the match versi situs UEFA di pertandingan final melawan Prancis dan turut mengantar Seleccao menjadi juara di Piala Eropa 2016 untuk pertama kalinya. 

5. Raphael Guerreiro (Portugal)


11 Pemain Terbaik Piala Eropa 2016

Fabio Coentrao menjadi bek kiri andalan timnas Portugal dalam beberapa tahun terakhir. Cederanya Coentrao menjadi masalah, namun kekosongannya berhasil diisi oleh Raphael Guerreiro dengan baik. Bek berusia 22 tahun asal klub Lorient ini tampil apik sepanjang turnamen, termasuk satu assist cantik pada gol Ronaldo ke gawang Wales. Ia juga menjadi salah satu defender paling banyak membuat peluang untuk timnya.


Midfielder

6. Toni Kroos (Jerman)


11 Pemain Terbaik Piala Eropa 2016

Toni Kroos mungkin kini menjadi pemain terpenting di lini tengah Jerman. Keberadaannya begitu vital untuk memudahkan para pemain depan seperti Ozil, Muller atau Draxler berkreasi dalam membangun serangan. Kroos menjadi pemain dengan jumlah umpan sukses terbanyak di EURO 2016 kali ini. Hal ini tentu mendandakan peran penting Kroos bagi timnas Jerman.

7. Aaron Ramsey (Wales)


11 Pemain Terbaik Piala Eropa 2016

Tampil dengan gaya rambut baru berwarna pirang, Ramsey menjadi bagian penting dalam skuad Wales yang sukses menggebrak EURO 2016 dengan melaju ke babak semifinal. Torehan satu gol dan empat assist menjadi kontribusi nyata pemain Arsenal ini. Sayang ia terkena akumulasi kartu sehingga tidak bisa bermain di babak semifinal hingga Wales dikalahkan oleh Portugal.

8. Dimitri Payet (Prancis)


11 Pemain Terbaik Piala Eropa 2016

Payet memulai ajang Piala Eropa 2016 dengan sempurna, termasuk dengan mencetak dua gol di dua laga pertama. Payet kemudian menjadi starter andalan Prancis di babak knock-out. Total ia mencetak tiga gol dan dua assist. Tak heran jika ia menjadi salah satu pemain incaran utama tim-tim besar di bursa transfer musim panas ini. 


Forward

9. Gareth Bale (Wales)


11 Pemain Terbaik Piala Eropa 2016

Wales memang bukan hanya soal Gareth Bale saja. Namun tidak bisa dipungkiri jika Bale merupakan andalan utama Wales di ajang EURO 2016 kali ini hingga secara mengejutkan berhasil mencapai babak semifinal. Sumbangan tiga gol ia cetak, termasuk dua gol lewat tendangan bebas saat melawan Slovakia dan Inggris.

10. Antoine Griezmann (Prancis)


11 Pemain Terbaik Piala Eropa 2016

Nama Griezmann kini menjadi ikon sepakbola Prancis. Griezmann tampil cemerlang di Piala Eropa 2016, termasuk kontribusi enam gol dan dua assist. Ia mencetak dua gol kemenangan melawan Republik Irlandia di babak 16 besar dan melawan Jerman di babak semifinal. Torehan gol Griezmann di EURO telah melewati Zidane dan Henry, dan hanya kalah dari Platini.

11. Cristiano Ronaldo (Portugal)


11 Pemain Terbaik Piala Eropa 2016

Meski mengawali start yang tidak baik - gagal mencetak gol di dua laga pertama meski membukukan lebih dari 15 shoot - namun Ronaldo kemudian menunjukkan kualitasnya dalam perjalanan Portugal menjadi juara. Dua gol melawan Hungaria dan satu gol melawan Wales membuatnya mencetak total tiga gol dengan tambahan dua assist lain. Ia mencetak banyak rekor, di antaranya pemain pertama yang mencetak gol di empat gelaran EURO, penampilan terbanyak dalam sejarah EURO serta top skor sepanjang masa EURO.


Susunan Tim : 


11 Pemain Terbaik Piala Eropa 2016

Cadangan : 

Kiper : Manuel Neuer (Jerman), Hugo Lloris (Prancis), Rui Patricio (Portugal)

Defender : Darijo Srna (Kroasia), Laurent Koscielny (Prancis), Kamil Glik (Polandia), Ragnar Sigurdsson (Islandia), Giorgio Chiellini (Italia), Ashley Williams (Wales)

Midfielder : Grzegorz Krychowiak (Polandia), Granit Xhaka (Swiss), Renato Sanches (Portugal), Aron Gunnarsson (Islandia), Emanuele Giaccherini (Italia), Kevin De Bruyne (Belgia), Paul Pogba (Prancis), Marek Hamsik (Slovakia), Mesut Ozil (Jerman)

Forward : Olivier Giroud (Prancis), Nani (Portugal), Graziano Pelle (Italia), Eden Hazard (Belgia), Ivan Perisic (Kroasia), Balasz Dszudszak (Hungaria)


Lantas bagaimana dengan pemain terburuk yang gagal memenuhi ekspetasi dari para penggemar? Berikut list nya.


11 Pemain Terburuk EURO 2016



Kiper
Joe Hart (Inggris)

Defender
Ciaran Clark (Republik Irlandia)
Lorik Cana (Albania)
Aleksandar Dragovic (Austria)

Midfielder
Jack Wilshere (Inggris)
Arda Turan (Turki)
Raheem Sterling (Inggris)
Mario Gotze (Jerman)

Forward
Harry Kane (Inggris)
Zlatan Ibrahimovic (Swedia)
Haris Seferovic (Swiss)


Pemain lain yang gagal memenuhi ekspetasi :

Kiper : Andriy Pyatov (Ukraina), Ciprian Tatarusanu (Rumania)

Defender : Gary Cahill (Inggris), Sergio Ramos (Spanyol), Jason Denayer (Belgia), Hakan Balta (Turki), Jordan Lukaku (Belgia), Razvan Rat (Rumania)

Midfielder : Marouane Fellaini (Belgia), Emil Forsberg (Swedia), Cesc Fabregas (Spanyol), Fyodor Smolov (Rusia), Andriy Yarmolenko (Ukraina), David Alaba (Austria)

Forward :  Wayne Rooney (Inggris), Artyom Dzyuba (Rusia), Marcus Berg (Swedia), Roman Zozulya (Ukraina)


Itulah info mengenai 11 pemain terbaik EURO 2016 sejauh ini yang tergabung dalam EURO Best XI. Beberapa pemain seperti Griezmann, Ronaldo, Bonucci atau Bale kerap menghiasi headline sepanjang pegelaran EURO karena performa gemilang mereka bersama tim mereka masing-masing.

Punya pendapat lain? Silahkan tulis di kolom komentar...


(CepatLambat)

Belum ada Komentar untuk "11 Pemain Terbaik Piala Eropa 2016"

Posting Komentar