Profil dan Biografi Prabowo Subianto Terbaru Lengkap

Prabowo Subianto merupakan seorang tokoh militer dan politik di Indonesia. Beliau lahir dengan nama lengkap Prabowo Subianto Djojohadikusumo di Jakarta pada tanggal 17 Oktober 1951. Itu berarti saat ini usianya 62 tahun. Prabowo merupakan mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus dengan pangkat Mayor Jenderal periode 1995-1998. Ia juga dipromosikan sebagai Panglima Kostrad dengan pangkat Letnan Jenderal sebelum diberhentikan oleh presiden Habibie pada Mei 1998. 

Prabowo mulai aktif di dunia politik dengan mendirikan Partai Gerakan Indonesia Raya (Partai Gerindra). Ia sempat maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Megawati pada pilpres 2009 meski akhirnya kalah oleh pasangan SBY-Boediono. Di tahun 2014 ini, Prabowo kembali maju dalam pilpres kali ini sebagai calon presiden bersama Hatta Rajasa. Ia bakal bersaing dengan calon lainnya, Jokowi dan Jusuf Kalla, meski akhirnya kalah dalam pemilu oleh Jokowi.

Biodata Prabowo Subianto

Nama Lahir : Prabowo Subianto Djojohadikusumo
Tempat Lahir : Jakarta, Indonesia
Tanggal Lahir : 17 Oktober 1951
Kebangsaan : Indonesia
Lulusan : Akademi Militer Nasional
Partai : Gerindra
Agama : Islam

Profil dan Biografi Prabowo Subianto Terbaru Lengkap

Prabowo Subianto menghabiskan masa kecil dengan bersekolah di luar negeri, seperti SD di Victoria Institution Kuala Lumpur, SMP di International School Zurich, dan SMA di American School London sebelum kemudian masuk dalam Akademi Militer Nasional di Magelang. Periode 1990-an, Prabowo Subianto menjabat sebagai Komandan Komando Pasukan Khusus, Komandan Jenderal Kopassus, Panglima Komando Cadangan Strategi TNI Angkatan Darat, Komando ABRI, dan Panglima Kostrad. Prabowo juga ikut mengamankan situasi saat kerusuhan di tahun 1998.

Prabowo kemudian memulai karir bisnisnya dengan memulai berbagai bisnis. Ia juga mendirikan dan aktif dalam organisasi non-pemerintah, seperti menjabat sebagai ketua HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia), APPSI (Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia) dan IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia).

Profil dan Biografi Prabowo Subianto Terbaru Lengkap

Prabowo kemudian mulai masuk dalam dunia politik. Ia mendirikan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada tahun 2008 dan menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina DPP. Prabowo Subianto kemudian maju dalam pilpres sebagai calon wakil presiden Megawati Soekarnoputri, meski akhirnya mereka harus kalah oleh pasangan calon presiden dan wakil presiden lainnya, Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono.
Di tahun 2014 ini, Prabowo Subianto kembali maju dalam pemilihan presiden, kali ini sebagai calon presiden. Ia pun banyak didukung oleh para tokoh tokoh Islam dan kepala daerah lain. Ia bakal didampingi oleh calon wakil presiden Hatta Rajasa. Pasangan Prabowo-Hatta bakal bersaing ketat di pilpres nanti dengan calon presiden-wakil presiden lain, yaitu Jokowi dan Jusuf Kalla.  Pada akhirnya Jokowi yang terpilih sebagai presiden Indonesia ketujuh.


(CepatLambat)

1 Komentar untuk "Profil dan Biografi Prabowo Subianto Terbaru Lengkap"