Daftar 10 Universitas Terbaik di Indonesia 2020 | Ranking Terbaru

10 universitas terbaik di Indonesia - Pendidikan merupakan hal yang harus diperhatikan, termasuk juga pendidikan tinggi. Terdapat banyak universitas di Indonesia, baik universitas negeri maupun swasta. Sejumlah universitas ternama di Indonesia pun jadi sasaran favorit sebagai tempat kuliah. Lalu universitas mana yang layak masuk dalam 10 besar peringkat universitas terbaik di Indonesia?

Secara internasional terdapat banyak universitas ternama di dunia yang terkenal, mulai dari Harvard University, Oxford University dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri, ada banyak perguruan tinggi yang tersebar di seluruh pelosok, baik berupa universitas, institut teknik, akademi, politeknik, sekolah tinggi, universitas Islam dan lain-lain.

Universitas yang ada pun juga beragam, dari yang negeri atau swasta. Beberapa di antaranya memiliki prestasi dan pencapaian tinggi, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa universitas favorit di Indonesia pun jadi target masuk kuliah bagi para siswa SMA/SMK/sederajat yang ingin melanjutkan kuliah studi ke jenjang selanjutnya.

Di antara perguruan tinggi terbaik di Indonesia, ada sejumlah nama yang konsisten masuk 10 besar. Contoh universitas favorit di Indonesia yang sering masuk urutan universitas terbaik di Indonesia misalnya adalah UI (Jakarta), ITB (Bandung), UGM (Yogyakarta), ITS (Surabaya), UB (Malang) atau UNAIR (Surabaya).


Deretan universitas terfavorit di Indonesia ini tak hanya memiliki prestasi dan penghargaan yang banyak, namun juga ditunjang oleh fasilitas gedung kampus sarana dan prasana yang lengkap, canggih serta memadai. Selain itu juga menyediakan banyak jurusan dan fakultas favorit. Tak lupa juga dukungan para dosen kompeten dan berkualitas serta para mahasiswa berprestasi yang proaktif. 

Beberapa waktu lalu, diadakan update penilaian tentang daftar peringkat universitas di Indonesia secara menyeluruh. Polling dan ranking dilakukan oleh lembaga survey terpercaya, Webometrics. Hasilnya terpilih 10 universitas terbaik di Indonesia, baik negeri maupun swasta yang kami sajikan dalam list berikut ini.

(baca juga daftar universitas swasta di Indonesia)

Ranking Universitas Terbaik di Indonesia


1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Terbaik di Indonesia UGM

Singkatan : UGM
Kota : Sleman, Yogyakarta
Didirikan : 19 Desember 1949

Peringkat universitas terbaik di Indonesia yaitu Universitas Gajah Mada atau biasa disingkat UGM. Kampus UGM terletak di Yogyakarta dan sudah didirikan sejak tahun 1949. UGM memang konsisten menempati posisi 1 daftar universitas terbaik di Indonesia. Dengan statusnya sebagai PTN, juga menegaskan UGM sebagai universitas negeri terbaik di Indonesia.

2. Universitas Indonesia

Kampus Terbaik di Indonesia UI

Singkatan : UI
Kota : Depok, Jawa Barat
Didirikan : 1849

Berikutnya dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia adalah Universitas Indonesia atau UI. Letaknya berada di perbatasn kota Depok dan Jakarta, namun sering dianggap sebagai universitas di Jakarta. Kampus negeri di Jakarta ini pertama didirikan di tahun 1849. UI juga pernah beberapa kali menempati peringkat 1 list universitas terfavorit di Indonesia dan termasuk salah satu universitas terbesar di Indonesia.

3. Institut Teknologi Bandung

Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia ITB

Singkatan : ITB
Kota : Bandung, Jawa Barat
Didirikan : 2 Maret 1959

Urutan universitas terbaik di Indonesia terbaru selanjutnya adalah ITB, singkatan dari Institut Teknologi Bandung. PTN di Bandung ini layak menjadi institut terbaik di Indonesia yang bergerak di bidang pengembangan teknik dan sains. ITB didirikan sejak tahun 1959 dan mampu mempertahankan kualitas sebagai salah satu yang termasuk daftar PTN terbaik di Indonesia.

4. Institut Pertanian Bogor

Ranking Universitas Terbaik di Indonesia IPB

Singkatan : IPB
Kota : Bogor, Jawa Barat
Didirikan : 1 September 1963

Sama seperti ITB, Institut Pembangunan Bogor adalah perguruan tinggi berbentuk institut yang berada di provinsi Jawa Barat, tepatnya di kota Bogor. IPB lebih berfokus di bidang pertanian, meski banyak juga jurusan non-agragris. IPB konsisten masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia di peringkat 10 besar.

5. Universitas Diponegoro

Urutan Universitas Terbaik di Indonesia UNDIP

Singkatan : UNDIP
Kota : Semarang, Jawa Tengah
Didirikan : 9 Januari 1957

UNDIP juga termasuk dalam urutan universitas terbaik se Indonesia ini. UNDIP atau Universitas Diponegoro terletak di kota Semarang, dan layak dianggap sebagai universitas terbaik di Jawa Tengah. Letaknya yang cukup strategis serta pilihan jurusan yang bervariasi membuat UNDIP jadi salah satu rekomendasi tempat kuliah terbaik di Indonesia yang enak.

6. Universitas Brawijaya

10 Universitas Terbaik di Indonesia UB

Singkatan : UB
Kota : Malang, Jawa Timur
Didirikan : 5 Januari 1963

Dengan menempati peringkat 6, maka Universitas Brawijaya dianggap sebagai universitas terbaik di Jawa Timur. Universitas Brawijaya atau UB didirikan di tahun 1963 dan terletak di kota Malang. Dulunya singkatan universitas ini adalah UNIBRAW, namun kemudian disederhanakan lagi menjadi UB sampai sekarang. Kampus UB layak masuk dalam daftar universitas negeri di Indonesia yang paling favorit.

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Peringkat Universitas Terbaik di Indonesia ITS

Singkatan : ITS
Kota : Surabaya, Jawa Timur
Didirikan : 10 November 1957

Satu lagi kampus negeri di Surabaya yang masuk 10 besar peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia, apa lagi kalau bukan ITS. Singkatan dari ITS adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan terletak di daerah Sukolilo, Surabaya. Pertama didirikan di tahun 1957, ITS berfokus untuk mengembangkan bidang teknologi dan maritim Indonesia.

8. Universitas Sebelas Maret


Singkatan : UNS
Kota : Solo, Jawa Tengah
Didirikan : 11 Maret 1976

UNS atau Universitas Sebelas Maret merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di kota Solo, Jawa Tengah. Dalam beberapa tahun terakhir, kampus UNS memang terus menunjukkan peningkatan prestasi dan kualitas hingga kini sukses menembus 10 besar universitas terfavorit di Indonesia versi Webometrics.

9. Universitas Syiah Kuala


Singkatan : Unsyiah
Kota : Banda Aceh, Aceh
Didirikan : 2 September 1961

Universitas Syiah Kuala atau biasai disingkat Unsyiah, merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Banda Aceh di provinsi Aceh. Unsyiah berhasil menembus 10 besar peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan menjadi favorit tempat kuliah di Aceh dan pulau Sumatera di Indonesia bagian barat secara keseluruhan.

10. Universitas Padjadjaran

Daftar Universitas Terbaik di Indonesia UNPAD

Singkatan : UNPAD
Kota : Sumedang, Jawa Barat
Didirikan : 11 September 1957

Jawa Barat memang terkenal memiliki banyak perguruan tinggi berkualitas. Selain ITB dan IPB, ada juga UNPAD atau Universitas Padjadjaran. Letaknya berada di Bandung dan Sumedang dan sudah berdiri sejak tahun 1957. Terdapat banyak jurusan di UNPAD yang bisa dipilih dan kampus ini jadi solusi tempat kuliah di Jawa Barat.

Peringkat universitas terbaik di Indonesia lainnya : 


  • Universitas Telkom - Bandung (peringkat 11)
  • Universitas Airlangga - Surabaya (peringkat 12)
  • Universitas Pendidikan Indonesia - Bandung (peringkat 13)
  • Universitas Hasanuddin - Makassar (peringkat 14)
  • Universitas Lampung - Bandar Lampung (peringkat 15)

Nah itu tadi update info mengenai 10 universitas terbaik di Indonesia terbaru versi Webometrics, situs lembaga survey terpercaya yang kerap meranking deretan universitas pilihan secara global. Bagi para calon mahasiswa tentu bisa menggunakannnya sebagai referensi untuk tempat kuliah yang cocok nantinya. Namun jangan hanya mempertimbangkan dari kepopulerannya saja, namun juga perhatikan kualitas, kondisi geografis, lingkungan, jurusan yang disediakan, dan faktor-faktor lainnya.

5 Komentar untuk "Daftar 10 Universitas Terbaik di Indonesia 2020 | Ranking Terbaru"

  1. ko upi ga masuk yaaaa?

    BalasHapus
  2. Anonim14/11/17

    Thanks very nice blog!

    BalasHapus
  3. jensud gk malu-malu in

    BalasHapus
  4. wah ini univeritas terbaik di indonesia, semoga saja tahun berikutnya universitas tanjungpura juga termasuk yang terbaik dalam membangun negeri dan bangsa melalui pendidikan berkualitas.
    https://www.maschun.com/2018/04/bersama-untan-membangun-negeri.html

    BalasHapus