10+ Game PS3 Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa

Game PS3 terbaik - PlayStation 3 atau PS3 menjadi salah satu konsol game terpopuler. Game PS3 menjadi penerus dari series PlayStation keluaran Sony, usai kesuksesan PS1 dan PS2. Konsol PS3 dirilis pertama kali pada tahun 2006, dan terus diproduksi sampai dihentikan produksinya pada tahun 2017. PS3 merupakan game generasi ke-7, yang kemudian diteruskan oleh penerusnya, yakni konsol game PlayStation 4 (PS4).

Ada banyak game PS3 terbaik yang dirilis dari dulu. Popularitas game PS3 pun tak kalah dari para kompetitornya yakni Xbox 360 dan Wii, serta dari game PC. Game-game PS3 populer yang dirilis juga berasal dari berbagai genre, mulai dari action-adventure, FPS (shooter), RPG, strategi, sports, racing, perang, simulasi, dan sebagainya.

Game-game PS3 memang banyak yang populer dan jadi favorit gamers, tak kalah dari game PS2 yang sempat jadi favorit selama beberapa tahun. Total PS3 terjual sebanyak 87 juta unit, sehingga game ini masuk 10 besar konsol game terlaris sepanjang masa. Grafis game PS3 memang sangat bagus dan berkualitas sehingga membuat gamers lebih hidup dalam memainkan game-nya.

Jika dilihat dari total penjualan, maka deretan game PS3 terlaris antara lain adalah GTA V, Gran Turismo 5, The Last of Us, Uncharted 3: Drake's Deception, Metal Gear Solid 4, Batman: Arkham City, dan God of War III. Game-game tersebut mampu terjual jutaan unit hingga masuk jajaran game PS3 terlaris dan terpopuler.

Namun meski begitu juga ada game-game PS3 terbaik dengan kualitas bagus yang berada di bawah radar dan jarang diekspos. Nah kali ini akan dibagikan review dan rekomendasi 10 game PS3 terbaik sepanjang masa yang paling bagus dan populer. Game yang masuk list memiliki grafik dan gameplay permainan yang bagus, storyline memukau serta rating yang tinggi.

(baca juga 10 game PS2 terbaik)

Daftar 10 Game PS3 Terbaik Sepanjang Masa


Berikut merupakan daftar 10 game PS3 terbaik dan terpopuler sepanjang masa berdasarkan review dan penilaian media-media game kredibel yang dirangkum.

1. GTA V (2013)

10 Game PS3 Terbaik

Tanggal rilis : 17 September 2013
Developer : Rockstar Games
Genre : Action-adventure, Third-person shooter
Platform : PS3, PC, PS4, Xbox One, Xbox 360

Grand Theft Auto V atau GTA V merupakan salah satu seri game GTA yang pertama dirilis di konsol game PS3. Dengan genre action-adventure, GTA V masih mengusung tema open world. Melanjutkan kesuksesan game GTA sebelumnya, GTA V juga menjadi salah satu game terpopuler, bahkan jadi yang terbaik dibanding pendahulunya dari segi grafik dan gameplay. Banyak fitur baru yang muncul di GTA V, mulai dari sistem GTA online hingga multiplayer. Proses pembuatan game ini menelan biaya yang sangat besar, hingga jadi game termahal yang pernah dibuat. Dengan segala keunggulan dari game ini, tak heran jika GTA V jadi salah satu game PS3 terbaik dan terlaris di dunia.

(baca juga cheat GTA 5 PS3)

2. The Last of Us (2013)

10 Game PS3 Terbaik

Tanggal rilis : 14 Juni 2013
Developer : Naughty Dog
Genre : Action-adventure, Survival horror
Platform : PS3

The Last of Us merupakan game action-adventure dan survival horor yang dikembangkan oleh Naughty Dog. Game ini khusus hanya dirilis di konsol PlayStation 3 secara eksklusif. Grafik dan gameplay The Last of Us banyak dipuji, begitu juga dengan fitur dan storyline dalam game. Dengan unsur survival horor, pemain akan dihadapkan pada tantangan yang seru dan menyeramkan. The Last of Us pun jadi salah satu game PS3 terlaris di dunia.

3. Call of Duty : Black Ops II (2012)

10 Game PS3 Terbaik

Tanggal rilis : 12 November 2012
Developer : Activision
Genre : FPS (First-person shooter)
Platform : PS3, PC, Xbox 360, Wii U

Tak lengkap membuat daftar game PS3 terbaik tanpa memasukkan salah satu seri game Call of Duty. Call of Duty (COD) memang dikenal sebagai salah satu series game shooter terbaik sepanjang masa. Salah satu seri game Call of Duty terpopuler di PS3 adalah Call of Duty: Black Ops II. Dirilis di PS3 pada tahun 2012, Black Ops II yang merupakan sekuel dari Black Ops (2010) mampu menuai kesuksesan. Dengan unsur first-person shooter (FPS) dan plot non-linier, game ini mampu menjadi favorit gamers di seluruh dunia.

4. Uncharted 2: Among Thieves (2009)

10 Game PS3 Terbaik

Tanggal rilis : 13 Oktober 2009
Developer : Naughty Dog
Genre : Third-person shooter, Action-adventure, platform
Platform : PS3, PS4

Satu lagi game PS3 terbaik yang dikembangkan oleh Naughty Dog, yaitu Uncharted 2: Among Thieves. Sekuel dari Uncharted: Drake's Fortune dianggap lebih superior dari pendahulunya, bahkan masuk kategori 10 besar game PS3 terpopuler. Genre action-adventure dan third-person shooter dipadukan dengan genre platform khas mini game membuat Uncharted 2: Among Thieves menjadi game yang unik dan layak untuk dicoba.

5. Metal Gear Solid 4 : Guns of the Patriots (2008)

10 Game PS3 Terbaik

Tanggal rilis : 12 Juni 2008
Developer : Kojima Productions
Genre : Action-adventure, Stealth
Platform : PS3

Game shooter lain yang layak dipertimbangkan adalah seri Metal Gear Solid. Untuk konsol PS3, seri Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots jadi yang terdepan. Sensasi sebagai penembak jitu atau tentara bisa dirasakan oleh gamers dikarenakan gameplay dan grafik game ini yang bagus. Dirilis di tahun 2008, Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots kemudian banyak disebut sebagai salah satu game terbaik dan terpopuler di masanya.

6. Battlefield 4 (2013)

10 Game PS3 Terbaik

Tanggal rilis : 29 Oktober 2013
Developer : EA DICE
Genre : FPS (First-person shooter)
Platform : PS3, PC, PS4, Xbox 360, Xbox One

Seakan tak mau kalah dari seri Call of Duty dan Metal Gear Solid, game FPS lain yang layak dianggap yang terbaik adalah Battlefield. Meski Battlefield 3 bisa dianggap sudah sangat bagus, namun tak diragukan jika seri Battlefield 4 sedikit lebih unggul. Game yang dikembangkan oleh EA DICE ini memang memiliki gameplay yang memukau dan jadi salah satu game PS3 tersukses.

7. Journey (2012)

10 Game PS3 Terbaik

Tanggal rilis : 13 Maret 2012
Developer : thatgamecompany
Genre : Art game, Adventure
Platform : PS3, PS4

Mungkin dibandingkan game lain di list, game Journey masih kalah populer. Namun secara kualitas, game ini tidak boleh diremehkan. Sebagai video game independen, Journey mampu mencuri perhatian di saat perilisannya. Journey dikenal karena gameplay yang unik dan menarik. Dengan didukung oleh soundtrack musik dan visual yang bagus, Journey layak disebut sebagai salah satu game terbaik yang pernah dirilis di PS3.

8. God of War III (2010)

10 Game PS3 Terbaik

Tanggal rilis : 16 Maret 2010
Developer : SCE Santa Monica Studio
Genre : Action-adventure, Hack and slash
Platform : PS3, PS4

God of War mengambil setting mitologi Yunani kuno. Seri game God of War III yang dirilis di tahun 2010 menjadi salah satu yang banyak dipuji. Game ini masih menempatkan Kratos sebagai tokoh utama layaknya di seri pendahulunya. Tidak banyak juga gameplay yang diubah, namun terdapat peningkatan lain dari segi gerakan dan tingkat kesulitan serta puzzle yang ada di tiap level. God of War III jadi salah satu game dengan tingkat penjualan terbanyak sepanjang sejarah.

9. Assassin's Creed : Brotherhood (2010)

10 Game PS3 Terbaik

Tanggal rilis : 16 November 2010
Developer : Ubisoft
Genre : Action-adventure, Stealth
Platform : PS3, PC, PS4, Xbox 360, Xbox One

Sejak awal kemunculannya, game Assassin's Creed langsung populer. Seri Assassin's Creed: Brotherhood pun jadi salah satu yang terbaik. Seri ketiga dari Assassin's Creed ini awalnya dirilis di PS3 dan Xbox 360 dan langsung menuai kesuksesan. Game bergenre stealth dan action-adventure ini jadi salah satu game PS3 terpopuler di dunia.

10. Batman : Arkham City (2011)

10 Game PS3 Terbaik

Tanggal rilis : 18 Oktober 2011
Developer : Rocksteady Studios
Genre : Action-adventure
Platform : PS3, PC, PS4, Xbox 360, Xbox One, Wii U

Sang manusia kelelawar dari DC Comics tak ketinggalan mengisi list ini. Ya, game Batman: Arkham City memang banyak dipuji kritikus game sebagai salah satu game PS3 terbaik. Berpusat pada Batman, sang superhero kelelawar ini harus menjalani petualangan untuk menyelesaikan misi di Gotham City. Batman: Arkham City juga menambah beberapa fitur seperti gerakan baru dan fitur open world.

Rekomendasi game-game PS3 terbaik lainnya :

  • Heavy Rain 
  • Mass Effect 3 
  • Read Dead Redemption 
  • Starhawk 
  • Portal 2 
  • BioShock Infinite 
  • Far Cry 3 
  • Resident Evil 6 
  • The Walking Dead 
  • Gran Turismo 5
  • Devil May Cry 4

Nah itulah urutan rekomendasi 10 game PS3 terbaik sepanjang masa yang paling populer di dunia update terbaru. Daftar tersebut dikeluarkan khusus untuk konsol PS3 dari penilaian berbagai sumber. Bagi para pecinta game, tentunya sudah tidak asing, karena memang 10 game PS3 terbaik tersebut sudah populer dan banyak dimainkan oleh para gamers di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

8 Komentar untuk "10+ Game PS3 Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa"

  1. wah keren2 nih gamenya.untuk ps2 ada?soalna saya cuma punya ps2

    BalasHapus
  2. Mantap game ps3 nya, saya sendiri paling suka the last of us, apalagi setelah keluar seri terbarunya.

    BalasHapus
  3. Gue pengen nunggu The Last Of Us 2 rilis. Olehnya katanya akan dibuat

    BalasHapus
  4. maaf gan, itu ada yg salah
    ac brotherhood rilis tahun 2011
    cod black ops II rilis tahun 2012

    BalasHapus
  5. wah itu ternyata game ps3 yang trebaik untuk game terbaik untuk tahun 2014 dan 2015 apa ya gan ?

    BalasHapus
  6. pantat semua permainan ps 3

    BalasHapus
  7. yang paling seru yang mana gan ?

    BalasHapus
  8. Sebuah artikel yang bagus dan juga akurat. namun dalam daftar gem tersebut game favorite saya adalah good of war 3. lalu untuk game terbaik tahun ini apa yahh ?

    BalasHapus