10+ Kiper Terbaik Dunia Sepanjang Masa Paling Hebat

Kiper terbaik sepanjang masa - Penjaga gawang atau kiper adalah posisi yang sangat penting dalam sepak bola. Kiper bertugas untuk menghalau serangan lawan agar gawang mereka tidak kebobolan. Bisa dibilang, kiper adalah benteng pertahanan terakhir tim dalam sepakbola. Untuk menjadi seorang penjaga gawang yang baik, dibutuhkan beberapa skill dan kemampuan dalam beberapa aspek penting, seperti reflek, handling, komunikasi, penempatan posisi, hingga kemampuan lompatan untuk menghalau crossing dan bola-bola udara.

Sepanjang sejarahnya banyak penjaga gawang hebat yang bermunculan di dunia sepakbola. Di tahun 30an ada nama-nama seperti Ricardo Zamora dan Gianpiero Combi. Lalu muncul kiper superior asal Uni Soviet di tahun 60an bernama Lev Yashin serta kiper andalan Inggris, Gordon Banks. Memasuki tahun 70an disemarakkan dengan kiper tangguh pada diri Dino Zoff, Sepp Maier hingga Peter Shilton.

Selain itu, sejumlah kiper asal Amerika latin juga tak boleh dilupakan. Nama-nama seperti Claudio Taffarel, Sergio Goycochea, Rene Higuita, Jose Luis Chilavert atau Nelson Dida jadi sedikit contoh kiper terbaik Amerika Selatan. Di era sepakbola modern, dua nama yang paling menonjol adalah Gianluigi Buffon (Italia) dan Iker Casillas (Spanyol).

Dari sekian banyaknya penjaga gawang yang ada di seluruh dunia, ada beberapa yang mungkin bisa dikategorikan sebagai penjaga gawang terbaik dibanding yang lainnya. Selain karena kemampuan yang sudah diakui dunia, kiper-kiper hebat ini juga mampu mempersembahkan gelar dan trofi bergengsi bagi klub dan negaranya serta menerima berbagai penghargaan individu yang tidak kalah bergengsi.

Kiper Terbaik Sepanjang Masa

Daftar 10 Kiper Terbaik Sepanjang Masa


Berikut ini akan kami bagikan daftar 10 kiper terbaik sepanjang masa selengkapnya yang paling hebat dengan kemampuan menjaga gawang terbaik.

1. Lev Yashin (Uni Soviet)

Kiper Terbaik Sepanjang Masa

Tak diragukan lagi, Lev Yashin adalah kiper paling hebat yang pernah ada. Lev Yashin menjadi satu-satunya penjaga gawang yang masuk dalam daftar pemenang Ballon d'Or alias gelar Pemain Terbaik Dunia. Kiper asal tim Uni Soviet (sekarang Rusia) ini memang memiliki reflek yang brillian. Ia dijuluki The Black Spider karena sering menepis tendangan penalti lawan. FIFA pun menobatkan Lev Yashin sebagai penjaga gawang terbaik sepanjang sejarah sepakbola.

2. Dino Zoff (Italia)

Kiper Terbaik Sepanjang Masa

Dino Zoff adalah salah satu legenda asal Italia dan Juventus. Ia juga merupakan salah satu kiper yang masih bermain pada saat usia 41 tahun untuk tim nasional dan klubnya. Dino Zoff juga tercatat sebagai kapten tertua yang memenangi Piala Dunia di edisi 1982 di Spanyol lalu. Ia juga telah mepersembahkan 6 gelar Serie A kepada Juventus dan tentunya 1 Piala Dunia kepada tim nasional Italia.

3. Gianluigi Buffon (Italia) 

Kiper Terbaik Sepanjang Masa 

Gianluigi Buffon juga layak masuk dalam jajaran elit kiper top dunia. Ia masih tercatat sebagai kiper termahal di dunia dengan nilai transfer sebesar 47 juta euro saat dibeli Juventus dari Parma. Bersama Juventus, Buffon banyak berkontribusi bagi tiap gelar yang diraih. Ia juga turut serta dalam keberhasilan Italia menjuarai Piala Dunia 2006 di mana ia hanya kebobolan 2 gol di turnamen tersebut. Buffon pun bertahan di performa teratas selama lebih dari 20 tahun berkarir.

4. Gordon Banks (Inggris)

Kiper Terbaik Sepanjang Masa

Penjaga gawang asal Inggris ini dinilai sebagai salah satu penjaga gawang terhebat yang pernah ada. Prestasi terbesar Gordon Banks adalah trofi Piala Dunia 1966 yang ia raih bersama skuad The Three Lions. Gordon Banks juga sempat menggagalkan peluang 99,99% gol dari sundulan legenda Brasil, Pele, yang kemudian sempat dinobatkan sebagai aksi penyelamatan terbaik yang pernah ada.

5. Sepp Maier (Jerman)

Kiper Terbaik Sepanjang Masa

Sepp Maier menjadi bagian dari generasi emas dari Bayern Muenchen dan timnas Jerman saat menguasai Eropa dan Dunia di awal 70'-an. Orang mungkin akan lebih ingat dengan aksi spektakuler Franz Beckenbauer atau Gerd Mueller, namun jangan lupakan juga peran Sepp Maier. Ia turut mempersembahkan gelar Liga Champions 3 kali berturut-turut bagi Bayern Muenchen. Maier juga menjadi kiper nomor satu Jerman saat meraih gelar Piala Eropa 1972, dan Piala Dunia 1974.

6. Iker Casillas (Spanyol)

Kiper Terbaik Sepanjang Masa

Salah satu kiper hebat di era sepakbola modern. Iker Casillas akan dikenang sebagai kapten tim yang sukses menjuarai Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, dan Piala Eropa 2012 bersama Spanyol. Casillas juga mempersembahkan banyak gelar bersama klubnya, Real Madrid. Bersama Buffon, Casillas digadang-gadang sebagai kiper paling hebat di abad 21 sejak tahun 2000.

7. Peter Schmeichel (Denmark)

Kiper Terbaik Sepanjang Masa

Peter Schmeichel merupakan salah satu kiper terhebat di dunia karena karirnya yang sukses dan kemampuannya yang fantastis. Dengan badan tinggi besar, ia membawa Manchester United meraih treble winner pada musim 1997-1998 dan membawa Denmark juara Piala Eropa 1992. Ia pun juga telah mendapat predikat penjaga gawang terbaik dunia empat kali pada tahun yaitu pada 1992, 1993, 1997, dan tahun 1999.

8. Jose Luis Chilavert (Paraguay)

Kiper Terbaik Sepanjang Masa

Jose Luis Chilavert mungkin adalah kiper profesional yang paling sering membuat gol, sebelum dipecahkan oleh Rogerio Ceni. Total Chilavert telah mencetak 67 gol yang dibuatnya selama berkarir menjadi kiper. Pada tahun 1999, ia memecahkan sejarah dengan mencetak hatrick pertama yang dilakukan oleh kiper. Dia juga telah mendapat gelar penjaga gawang terbaik tahun 1995, 1997, dan 1998

9. Edwin Van Der Sar (Belanda)

Kiper Terbaik Sepanjang Masa

Edwin Van Der Sar merupakan salah satu kiper hebat dengan reflek gemilang. Ia masih bermain sampai umur 40 tahun (musim 2010-2011) untuk membela Manchester United. Bersama Paul Scholes dan Ryan Giggs yang sama-sama sudah tua, mengantarkan MU menjuarai berbagai gelar. Postur tubuh yang tinggi dan tangannya yang panjang menjadi nilai plus bagi Van Der Sar dalam menjaga gawangnya.

10. Claudio Taffarel (Brasil)

Kiper Terbaik Sepanjang Masa

Claudio Taffarel disebut sebut sebagai salah satu kiper Brasil yang paling fantastis. Ia mempersembahkan banyak gelar kepada tim nasional Brasil, dengan membawa Brasil menang Piala Dunia 1994 dan final 1998 di ajang yang sama. Taffarel juga mengantarkan Brasil juara Copa America pada tahun 1989 dan 1997. Selain itu legenda Lazio ini juga memiliki skill yang berkualitas sebagai kiper.

Kiper terbaik dunia lainnya


  • Oliver Kahn (Jerman)
  • Ricardo Zamora (Spanyol)
  • Gilmar dos Santos (Brasil)
  • Peter Shilton (Inggris)
  • Walter Zenga (Italia)
  • Gianpiero Combi (Italia)
  • Fabian Barthez (Prancis)
  • Emerson Leao (Brasil)
  • Manuel Neuer (Jerman)
  • Andoni Zubizarreta (Spanyol)
  • Hans van Breukelen (Belanda)
  • Pietr Cech (Republik Ceko)

Itulah daftar kiper terbaik sepanjang masa yang paling hebat di persepakbolaan dunia sepanjang sejarah. Kiper-kiper hebat tersebut telah memenangkan banyak gelar, baik gelar individu maupun gelar tim. Selain itu, mereka juga akan terus dikenang karena skill dan kemampuan menjaga gawang yang sangat hebat dan fantastis.

3 Komentar untuk "10+ Kiper Terbaik Dunia Sepanjang Masa Paling Hebat"

  1. I made ko ga termasuk...?

    BalasHapus
  2. Rene Higuita dari Kolombia kenapa tidak masuk?

    BalasHapus
  3. Rene Higuita (Kolombia), Bodo Ilgner(Jerman), Michele Preud Homme (Belgia) dan Fabian Barthez (Perancis) kok tidak masuk?

    BalasHapus