Profil Biografi Mark Zuckerberg, Sang Pendiri Facebook

Siapa yang tidak mempunyai atau setidaknya mengetahui situs jejaring sosial Facebook? Facebook merupakan social media terpopuler di Indonesia dan dunia dengan jutaan user pengguna dari seluruh dunia. Facebook ini sebenarnya dibuat sebagai situs jaringan pertemanan terbatas hanya pada kalangan kampus pembuatnya, yakni Mark Zuckerberg. Mahasiswa asal Harvard University tersebut kala itu mencoba membuat satu program yang bisa menghubungkan teman-teman dari satu kampusnya dalam sosial media berbasis internet. Karena itulah, saat itu nama situs yang digagas oleh Mark Zuckerberg adalah Facebook yang kini sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia.

Menurut Zuckerberg, pemilihan nama Facebook diambil dari sebuah judul buku dengan nama yang sama. Buku tersebut berisi daftar anggota komunitas dalam kampus. Di Amerika Serikat, buku ini diberikan kepada mahasiswa atau staf fakultas yang baru agar bisa lebih mengenal orang lain di kampus bersangkutan. Berikut akan kami tampilkan profil Mark Zuckerberg dan sejarah pembuatan Facebook.

Profil dan Biografi Mark Zuckerberg, Sang Pendiri Facebook

Awal pembuatan Facebook terjadi pada tahun 2004. Mark Zuckerberg yang memang hobi mengotak-atik program pembuatan website berhasil menulis kode orisinal Facebook dari kamar asramanya. Hebatnya, ia hanya butuh waktu sekitar 2 minggu untuk membuat situs sosial media ini. 

Ia pun kemudian segera mempublikasikan situsnya ini dan mengajak teman-temannya untuk bergabung ke situs Facebook. Dan hanya dalam waktu 2 minggu, Facebook sudah dipenuhi oleh 70% keseluruhan mahasiswa Harvard University sebagai member tetap. Berkat usaha Mark Zuckerberg, Facebook pun menjadi penghubung para mahasiswa di kampus Harvard University.

Kesuksesan Facebook membuat Mark Zuckerberg memberanikan diri untuk drop out (DO) dari kuliahnya untuk fokus pada usahanya. Bersama tiga rekannya, yaitu Andre McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes, Mark Zuckerberg kemudian mencoba untuk memperluas jaringan dan membuka keanggotaan Facebook untuk umum, sehingga orang-orang lain dari seluruh dunia bisa mendaftar Facebook.

Facebook kemudian semakin berkembang pesat, mengalahkan situs Friendster yang saat itu sedang naik daun dan menjadi tren sosmed. Kelebihan fitur-fitur baru yang ada membuat Facebook makin digemari. Jutaan user dari seluruh penjuru dunia mulai menggunakan Facebook. Hingga kini tercatat sekitar ratusan jutaan orang dari seluruh penjuru dunia memiliki akun Facebook. Di Indonesia, Facebook pun sangat populer dan menjadi salah satu situs wajib yang diakses. Kesuksesan Facebook pun membuat Mark Zuckerberg kemudian dinobatkan sebagai miliarder termuda dalam sejarah yang memulai dari keringatnya sendiri. 

Nama Lengkap : Mark Elliot Zuckerberg
Tempat Lahir : White Plains, New York, Amerika Serikat
Tanggal Lahir : 14 Mei 1984
Tempat Tinggal : Palo Alto, California
Universitas : Harvard University
Pekerjaan : CEO Facebook
Penghargaan : TIME Person of the Year 2010
Kekayaan : US$33,5 miliar (2014)
Akun Facebook : https://www.facebook.com/zuck


Itulah informasi mengani profil biografi Mark Zuckerberg yang terkenal sebagai pendiri situs Facebook. Facebook kini menjadi situs jejaring sosial terpopuler dengan ratusan juta user yang ada. Tak heran jika seiring kesuksesan Facebook, Mark Zuckerberg mendapat kekayaan yang luar biasa dan menjadi miliarder termuda dalam sejarah dengan usaha sendiri. Semoga info biografi terbaru tersebut bisa menambah wawasan dan bisa menjadi inspirasi.


(CepatLambat)

Belum ada Komentar untuk "Profil Biografi Mark Zuckerberg, Sang Pendiri Facebook"

Posting Komentar