Cara Kerja Kulkas dan Bagian-Bagian Kulkas

Cara kerja kulkas - Kulkas atau lemari es adalah salah satu kebutuhan yang penting bagi masyarakat di zaman sekarang. Kulkas sendiri adalah alat yang berfungsi untuk menyimpan bahan makanan dan buah-buahan agar tidak membusuk dan tetap terjaga awet di dalam suhu yang telah diatur di dalam lemari es. Lemari es ada yang memiliki satu pintu, dua pintu bahkan empat pintu. Keberadaan kulkas pun menjadi sangat penting bagi masyarakat di era modern. Kali ini akan dijelaskan mengenai cara kerja kulkas dan bagian-bagian kulkas lengkap.

Hingga sekarang, ada cukup banyak perusahaan produsen kulkas yang bersaing untuk menciptakan inovasi-inovasi terbaru. Beberapa merk kulkas terbaik yang banyak digunakan dan terkenal di seluruh dunia antara lain adalah produk Sharp, LG, Toshiba, Panasonic, Sanken dan lain-lain. Tentunya produk lemari es dari merk-merk tersebut sudah teruji kualitasnya.

Kebanyakan orang memiliki kulkas, namun tahukah kamu bagian-bagian apa saja yang ada dalam lemari es? Apa saja komponen utama dari kulkas tersebut? Lalu bagaimana prinsip kerja dari lemari es sehingga kesegaran makanan di dalamnya tetap terjaga di dalamnya? Bagaimana cara kerja lemari es sesuai dengan ilmu sains yang ilmiah? Berikut merupakan penjelasan ilimiah prinsip kerja kulkas selengkapnya berupa bagian-bagian kulkas dan cara kerja kulkas selengkapnya.

Cara Kerja Kulkas dan Bagian-Bagian Kulkas

Bagian-Bagian Kulkas


Secara umum, ada 9 bagian dan komponen utama dalam kulkas yang memiliki fungsi utama masing-masing.

1. Kompresor, merupakan komponen terpenting di dalam kulkas yang berfungsi memompa bahan pendingin ke seluruh bagian kulkas.

2. Kondensor, merupakan alat penukar kalor untuk mengubah wujud gas bahan pendingin pada suhu dan tekanan tinggi menjadi wujud cair.

3. Filter (saringan), berguna untuk menyaring kotoran yang mungkin terbawa masuk aliran pendingin setelah proses sirkulasi.

4. Evaporator, berfungsi menyerap panas dari benda yang dimasukkan ke dalam lemari es dan mendinginkannya.

5. Thermostat, berfungsi mengatur kerja kompresor secara otomatis berdasarkan batasan suhu pada tiap komponen kulkas.

6. Heater, berfungsi mencarikan bunga es yang terdapat di dalam evapurator.

7. Fan Motor, berfungsi menghembuskan udara dingin dari evaporator ke seluruh rak dan mendorong udara melalui kondesor dan kompresor.

8. Overload Motor Protector, berfungsi melindungi komponen kelistrikan dari kerusakan akibat arus yang dihasilkan kompresor melebihi normal.

9. Bahan Pendingin (Refrigerant), merupakan zat yang mudah diubah wujudnya dari gas menjadi cair, ataupun sebaliknya.

Cara Kerja Kulkas


Cara kerja lemari es masih berhubungan erat dengan prinsip perpindahan kalor. Sistem kerjanya bermula dari kompresor yang berfungsi sebagai tenaga penggerak. Motor kompresor akan segera berputar dan memberi tekanan pada semua bahan pendingin saat telah dialiri oleh listrik. Bahan pendingin yang berwujud gas apabila diberi tekanan akan menjadi gas yang bertekanan dan bersuhu tinggi.

Dengan wujud seperti itu, maka akan mebuat refrigerant mengalir menuju kondensor. Nantinya itu akan disaring oleh filter yang ada. Pada titik kondensasi, gas tersebut akan mengembun dan akan kembali menjadi bentuk cair, Refrigerant cair yang bertekanan tinggi akan terdorong dan akan menuju pipa kapiler.

Dengan begitu refrigerant akan segera naik ke evaporator dikarenakan tekanan kapilaritas yang telah dimiliki oleh pipa kapiler itu sendiri. Ketika berada di dalam evaporator, refrigerant cair segera menguap dan wujudnya akan berubah kembali menjadi gas yang memiliki tekanan dan suhu yang rendah. 

Sebab dari proses tersebut, maka udara yang berada di sekitar evaporator akan memiliki suhu rendah dan akhirnya terkondensasi menjadi bentuk cair. Pada kondisi yang berulang akan memungkinkan udara tersebut akan membeku dan akan menjadi butiran-butiran es. Hal tersebut terjadi pada benda ataupun air yang dengan sengaja diletakkan pada sekitar evaporator.

Itulah sekilas penjelasan ilmiah mengenai komponen-komponen dalam lemari es serta cara kerjanya. Sekian info prinsip kerja kulkas dan daftar komponen kulkas selengkapnya. Semoga penjelasan informasi unik terbaru di atas bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan kita semua.

3 Komentar untuk "Cara Kerja Kulkas dan Bagian-Bagian Kulkas"

  1. Akhirnya yang saya nanti-nantikan, kebeli juga. Kemaren saya baru beli kulkas dengan merk sharp, kenapa saya memilih sharp, karena kualitas pendinginan yang baik dan sparepartnya pun sangat murah.

    BalasHapus
  2. Artikel yang sangat bagus dan mudah di pahami dalam penjelasan cara kerja kulkasnnya. Terimakasih gan, semoga wawasan saya semakin meluas nih, setelah saya baca artikel ini.

    BalasHapus
  3. Saya mau nanya bagaimana cara kita untuk menjaga mesin pendingin kulkas kita agar pendinginannya tetap efisien dan terjaga ? mohon informasinnya yah ?

    BalasHapus