7+ Tips Cara Merawat Laptop dengan Benar Supaya Awet Terus

Cara merawat laptop dengan benar - Laptop adalah salah satu barang yang paling penting di era modern ini. Di era modern ini laptop memang menjadi gadget yang banyak digunakan. Penggunaan laptop dapat kita lihat di sekeliling kita. Laptop bisa berguna untuk membantu menyelesaikan pekerjaan dan tugas kita, atau untuk sekedar refreshing. Keberadaan laptop tentu lebih praktis dan efisien jika dibandingkan dengan komputer, mengingat fungsi laptop yang bisa dibawa kemana-mana.

Berbagai produsen merk laptop terbaik dan ternama yang banyak digunakan antara lain adalah merk Acer, DELL, Toshiba, HP, Lenovo, Asus, Axio, dan lain-lain. Para produsen laptop terkenal tersebut berlomba-lomba merilis produk-produk laptop terbaru dengan fitur dan keunggulan yang bermanfaat bagi para penggunanya.

Namun layaknya gadget umum lainnya, tentunya kita juga harus melakukan perawatan rutin terhadap laptop kita. Sebenarnya cara merawat laptop itu tidak begitu sulit karena laptop itu bukan seperti komputer desktop. Namun meski begitu, juga perlu diketahui jika komponen dari laptop memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan komponen-komponen yang ada pada komputer desktop atau PC.

Oleh karena itu, daripada melakukan perbaikan pada laptop yang sudah rusak, ada baiknya jika kita melakukan pencegahan. Tindakan pencegahan dimaksudkan untuk menghindari kerusakan fatal yang mungkin terjadi pada laptop kita. Pencegahan dilakukan dengan cara melakukan perawatan laptop kita secara rutin dan teratur.


Cara Merawat Laptop dengan Benar


Berikut ini merupakan beberapa tips ringan yang bisa dilakukan untuk merawat laptop dengan benar dan melakukan pencegahan agar kualitas laptop terus terjaga.

1. Jangan Download Software Sembarangan

Jangan pernah sekali-kali mencoba untuk mendowload software dari internet secara sembarangan. Beberapa software yang tersedia di internet bisa mengandung virus yang berbahaya bagi laptop kita. Untuk itu jika akan mendowload software, pastikan software tersebut aman dan terpercaya. Hal ini penting mengingat banyaknya spam dan virus yang tersebar di internet.

2. Hindari Getaran Elektromagnetik

Sebisa mungkin cobalah untuk menghindari getaran elektromagnetik pada laptop. Getaran yang terjadi pada laptop secara intensif bisa menyebabkan kerusakan pada hardware laptop. Tentunya kita bisa mencegahnya dengan berhati-hati dan menghindari getaran pada laptop kita.

3. Jangan Letakkan Laptop di Atas Kasur

Hal ini mungkin sepele namun tetap penting. Saat dalam keadaan menyala, jangan sekali-kali meletakkan laptop di atas kasur. Permukaan kasur yang bergelombang bisa menyebabkan kerusakan kecil pada laptop. Gunakan alas yang cukup tebal pada laptop yang tidak bergelombang jika ingin menggunakan di atas kasur.

4. Jangan Letakkan Barang di Atas Laptop

Hal ini juga terkesan sepele dan mungkin sering dilakukan. Jangan meletakkan barang lain di atas laptop. Tekanan yang ada pada laptop bisa menyebabkan gangguan pada laptop. Meskipun barang ringan yang diletakkan, namun jika dilakukan secara intensif bisa menyebabkan gangguan serius bagi laptop.

5. Uninstall Software yang Tidak Penting

Banyak user laptop yang menginstall software-software tidak penting. Hal ini bisa berdampak bagi laptop. Terlalu banyak software yang diinstall bisa mempengaruhi kerusakan software laptop. Untuk itu jangan menginstall software-software yang tidak berguna. Jika sudah terlanjut, segera uninstall software yang tidak pernah dan tidak akan digunakan.

6. Rawat Baterai Laptop

Baterai laptop menjadi sumber daya laptop yang utama. Untuk itu rawatlah baterai laptop secara teratur. Jangan menggunakan laptop sampai over. Segera charge laptop jika baterai akan habis. Jangan sampai sistem laptop mati karena kehabisan baterai

7. Segera Servis Jika Laptop Rusak

Jika laptop mengalami error atau gangguan, segera ambil tindakan. Serahkan laptop kepada tukang reparasi laptop yang lebih berpengalaman. Jangan mencoba untuk menservice sendiri jika tidak memiliki kemampuan.

Nah itulah sekilas informasi mengenai beberapa tips trik cara merawat laptop dengan baik dan benar. Tentunya tindakan pencegahan lebih baik dilakukan sebelum terjadi gangguan pada laptop kita. Perawatan dan himbauan di atas bisa dipraktekkan dan diaplikasikan pada laptop masing-masing untuk menghindari kerusakan yang bisa saja terjadi, baik kerusakan software maupun kerusakan hardware. Semoga artikel informasi tersebut bisa bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "7+ Tips Cara Merawat Laptop dengan Benar Supaya Awet Terus"

Posting Komentar